.

.
Stumbleupon Favorites More

Jateng Siapkan 632 Desa Mandiri Pangan

AMBARAWA : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan sebanyak 632 desa mandiri pangan (DMP) pada tahun 2013. Program yang didukung oleh Pemerintah Pusat itu bertujuan untuk lebih memperkuat ketahanan pangan Jawa Tengah yang sangat stabil. Hal itu dikatakan Gubernur H Bibit Waluyo usai kegiatan penanaman pohon peghijauan oleh berbagai elemen dan institusi tingkat Jawa Tengah di Dusun Kintelan Desa Pasekan Ambarawa, Jum’at (25/1) pagi.

Kegiatan penghijauan didukung antara lain oleh personil TNI dari Yon Zipur Tanpa Kawandya Banyubiru, Yonkav Ambarawa, Kodim 0714, Satpol PP Kabupaten Semarang dan masyarakat desa Pasekan serta beberapa LSM.  

Bibit Waluyo menambahkan, masing-masing DMP akan menerima bantuan sebesar Rp 47 juta untuk melakukan kegiatan ketahanan pangan di hampir setiap rumah tangga. Setiap rumah tangga di DMP, terang Bibit, nantinya dianjurkan untuk memberdayakan potensi pekarangan. Caranya dengan menanam palawija atau sayuran maupun komoditas pangan lainnya yang sesuai. Dengan begitu,”Warga desa akan memiliki sumber pangan secara mandiri terutama bagi keluarganya,” tegas Bibit kepada para wartawan didampingi Bupati Semarang dr H Mundjirin ES SpOG.

Sementara itu Pemkab Semarang berperan aktif mendukung program penghijauan kali ini. Menurut Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Semarang Moch Ali Sunarno, pihaknya menyediakan 3.750 bibit aneka tanaman keras untuk ditanam warga. Selain itu, kata Ali, Dinas Kehutanan Provinsi Jateng juga menyiapkan 2 ribu batang bibit sengon. “Harapannya, mutu lingkungan dan kesejahteraan masyarakat terutama di Desa Pasekan dapat lebih meningkat,” ujarnya.

www.semarangkab.go.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang